Manusia memerlukan bantuan
Pendidikan
tidak saja berusaha melimpahkan segala milik kebudayaan dari generasi
sepanjang masa kepada generasi muda, melainkan juga berusaha agar
generasi yang akan dating dapat mengembangkan dan meningkatkan
kebudayaan ke taraf yang lebih tinggi.
Pendidikan
berfungsi untuk meningkatkan mutu kehidupan manusia, baik secara
individu, maupun sebagai kelompok dalam bermasyarakat.
Pendidikan dalam Praktek
Pendidikan
dalam pelaksanannya berbentuk pergaulan dan anak didik, namun tentu
suatu pergaulan yang tertuju kepada tujuanpendidikan, yaitu manusia
mandiri, memahai nilai, norma-norma susila dan sekaligus mampu
berprilaku sesuai dengan norma-norma tersebut. Pendidikan fungsinya
membimbing anak didik, dan bimbingan anak itu akan didik kearah yang
sesuai dengan tujuan yang ditentukan, yaitu untuk mencapai kedewasaan.
Menurut
Jan Lighthart pendidikan itu didasari oleh kasih saying yang merupakan
sumber bagi dua syarat yang lain, yaitu kesabaran dan kebijaksanaan.
Kebijaksanaan artinya lebih luas dari keilmuan. Pendidikan dapat pula
diartikan pengembangan individu-individu atau kelompok-kelompok
kehidupan atau masyarakat besar atau kecil. Upaya pendidikan bukan saja
terdiri atas sikap perbuatan dan seluruh kepribadian pendidik, melainkan
juga alat-alat pendidikan yang dengan sengaja dimanfaatkan oleh
pendidik, seperti buku-buku pelajaran, alat-alat permainan, lingkungan
fisik yang diadakan oleh pendidik, seperti perumahan yang memadai, ruang
bermain, tempat rekreasi, hewan peliharaan , dan film.
ILMU PENDIDIKAN SEBAGAI TEORI
a Pentingnya teori pendidikan
Perbuatan
mendidik bukan prbuatan sembrono, melainkan perbuatan yang harus
betul-betul disadarinya, dalam rangka membimbing anak kepada suatu
tujuan yang akan dituju.
Ilmu pendidikan sebagai teori perlu dipelajari, karena akan memberi beberapa manfaat:
1. Dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mengetahui arah serta tujuan yang akan dicapai
2. Untuk
menghindaari atau sekurang-kurangnya mengurangi kesalahan-kesalahan
dalam praktek, karena dengan memahami teori pendidikan, seseorang akan
mengetahui mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan, walaupun teori
tersebut bukan suatu resep yang jitu.
3. Dapat dijadikan sebagai tolok ukur, sampai dimana seseorang telah berhasil melaksanakan tugas dalam pendidikan.
b Pendidikan dalam Ruang Lingkup Mikro dan Makro
Pendidikan
dalam ruang lingkup makro artinya mengkaji pendidikan yang dilaksanakan
dalam skala kecil, dan dalam ruang lingkup makro, kita mengkaji
pendidikan yang dilaksanakan dalam sekala besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar