Definisi Belajar
Apakah belajar itu? Kapan seseorang dikatakan telah belajar?
Pertanyaan-pertanyaan itu adalah pertanyaan krusial yang seharusnya
dipahami dengan baik oleh seorang guru. Beberapa ahli telah memberikan
definisi belajar, misalnya:
- Belajar adalah proses mentransformasi informasi dan pengalaman, yang terjadi sepanjang hayat ke dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap. (Jeff Cob)
- Belajar merupakan proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif (Skinner dalam Barlow, 1985. Skinner adalah seorang tokoh psikologi pendidikan dengan paham Behaviorisme).
- Belajar adalah memperoleh pengetahuan, keterampilan, tingkah laku, atau nilai-nilai yang bersifat baru, atau memodifikasi yang sudah dimilikinya sebelumnya.
- Belajar berkaitan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap suatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu. Perubahan tingkah laku tersebut tidak dapat dijelaskan atau dasar kecendrungan respon pembawaan, kematangan atau keadaan-keadaan sesaat seseorang (Higlard dan Bower, 1975 dalam buku Theories of Learning).
- Dalam buku Menuju Pendidikan Bermutu, M. Sorby Sutikno menjelaskan belajar adalah suatu proses usaha seseorang untuk memperoleh perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Perubahan yang dimaksud M. Sorby Sutikno di sini adalah perubahan secara sadar dan bertujuan untuk memperoleh yang lebih baik dari sebelumnya.
- Belajar adalah perubahan yang relatif dalam menerapkan tingkah laku sebagai akibat dan hasil pengalaman terdahulu(C.T. Morgan, 1962 dalam buku Introduction to Psychology).
- Belajar adalah perubahan dalam kepribadian manusia, dengan menampakkannya dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti pengingkatan kecakapan, pengetahuan, kebiasaan, sikap, pemahaman, keterampilan, daya pikir (Thursan Hakim, 2002 dalam buku Belajar Secara Efektif).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar