Kamis, 14 November 2013

Performa Kreativitas Pribadi

Gelang dari Tali Sepatu

Saya pernah membuat gelang dari tali sepatu. Ide itu muncul karena saya melihat ada tali sepatu yang tidak dipakai, maka muncullah ide untuk membuat gelang. Dan kebetulan saya sangat suka memakai gelang. Lalu saya mulai mencoba-coba membuatnya. Dan ini hasilnyaaa......


Nah, selanjutnya saya akan mengaitkan performa ini dengan teori yang telah saya pelajari di kelas kreativitas, yaitu teori 4P. Berikut adalah penjabarannya..


1.     Pribadi
Kreativitas adalah ungkapan (ekspresi) dari keunikan individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Ungkapan kreatif ialah yang mencerminkan individu tersebut.  
Saya adalah pribadi yang sangat suka membuat sesuatu yang menurut saya akan menjadi sesuatu yang unik. Ide-ide pun muncul ketika saya sedang berdiam diri dikamar. Saya termasuk orang yang suka menyendiri dikamar. Jika saya lihat ada barang yang nganggur atau sudah tidak dipakai lagi, saya suka mencoba-mencoba menggunakan bahan-bahan yang ada agar menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan. Pada saat saya sendirianlah ide-ide kreatif itu pun mulai bermunculan. Salah satu contohnya seperti membuat gelang dari tali sepatu.

2.    Pendorong
Bakat kreatif siswa akan terwujud jika ada dorangan dan dukungan dari lingkungannya, ataupun jika ada dorongan kuat dalam dirinya sendiri untung menghasilkan sesuatu. Adanya dorongan dari luar seperti lingkungan, sekolah, dan keluarga sangat  berperan. Tetapi yang paling berperan untuk mendorong motivasi yang saya miliki ini adalah diri saya sendiri. Karna saya merasa memiliki motivasi yang kuat. Jika saya sudah berniat melakukan sesuatu, maka harus saya lakukan sampai tuntas. Itulah motivasi yang saya tanamkan dari dulu. Orang tua pun selalu mendukung jika saya ingin membeli barang-barang yang unik atau lucu-lucu. Karena mereka cukup mengetahui bakat yang saya miliki. Dan yang saya hasilkanpun, dapat saya berikan kepada keluarga terdekat seperti adik dan kedua orangtua saya. Gelang yang saya buat dari tali sepatu itu pernah saya berikan kepada adik saya.

3.    Proses
Untuk mengembangkan kreativitas, anak perlu diberi kesempatan untuk bersibuk diri secara kreatif. Pendidik hendaknya dapat merangsang anak untuk melibatkan dirinya dalam kegiatan kreatif dengan membantu sarana prasarana yang diperlukan. Dalam aspek ini, menurut pengalaman saya, dilingkungan keluarga maupun dilingkungan sekolah sama-sama memberikan kebebasan kepada saya untuk dapat mengeksplorasi hasil-hasil dari ide kreatif saya. Kedua orang tua saya juga memberikan waktu dan tempat kepada saya agar saya bisa berkonsentrasi saat saya berfikir dan memulai membuat barang-barang yang unik. Dan pada saat saya masih duduk dibangku SMP, ada salah satu pelajaran yaitu "prakarya". Nah di pelajaran itulah saya mengembangkan bakat-bakat dari bahan yang diberikan oleh sekolah. Dan saya pernah menunjukkan salah satu buatan saya sendiri yaitu gelang dari tali sepatu dan guru saya memberikan respon yang sangat baik bahkan saya diberikan reward karna saya dianggap salah satu anak yang kreatif.

4.    Produk
Kondisi yang memungkinkan seseorang menciptakan produk kreatif yang bermakna ialah kondisi pribadi dan kondisi lingkungan, yaitu sejauhmana keduanya mendorong seseorang untuk melibatkan dirinya dalam proses kreatif. Dari hasil yang saya lakukan, sangat jelas sekali produk yang saya hasilkan dari kondisi pribadi saya sendiri. Karna saya sangat senang melakukan hal-hal tersebut, membuat karya-karya yang bermanfaat bukan hanya untuk diri saya saja melainkan buat orang lain.

Dari hasil coba-coba ide yang saya punya tersebut, akhirnya jadilah gelang yang menurut saya sangat menarik. Dari campuran warna hijau, biru, dan ungu. Dan sangat bermanfaat untuk saya. Jika ada barang-barang yang tidak dipakai, menurut saya sangat disayangkan jika dibuang karena kita bisa membuat sesuatu yang unik dan menarik. Hanya tinggal berfikir untuk mengeluarkan ide-ide yang kreatif. Mungkin bisa di coba-coba oleh teman-teman dirumah :)

11 komentar:

  1. produk kreativitasnya bagus kaaaak, karena kak tasa bisa mendaur ulang barang yang udah gak kepake lagi hehe bisa dong minta ajarin buat gelangnyaa :D

    BalasHapus
  2. Itu talinya dililit aja ya kak? kayak kepang rambut? ngikatnya ke tangan gmn kak?hehehe
    mgkn nanti bisa ajak adik2 buatnya, biar pny gelang kmbaran buatan sndiri :D .. gpp ya kak bagi2 ide hehe..
    Nice kak tassa!! ^^

    BalasHapus
  3. Cie cie kak tasa kreatif ni ye hehhee. Suka deh kak gelangnyaa bagus tuh. Mdh lagi buatnya, cocok bagi yg suka gelang, buat kayak gitu mudah buatnya , irit biayanyaa heheh good job kak saaa

    BalasHapus
  4. idenya menarik yaa, tali sepatu jd bagus begitu ><
    kira2 kalo buatnya dari tali bermotif bagus gak ya dek? aku pingin buat juga hihi.
    ohya, itu talinya, ketiganya harus sama panjang, atau memang satu tali harus lbh panjang buat mengikat di pergelangan tangan?
    *main ke blog ku juga ya hihi*

    BalasHapus
  5. dari sesuatu yang ga di pake lagi, bisa menghasilkan seuatu yang keren..
    jadi tertarik ni mencoba nya..
    tetap berkaya natasha ^^

    BalasHapus
  6. unik ya kak . barang yang udah gak dipake lagi bisa dimanfaatkan utk ngebuat gelang kek gitu.
    nice kak :D

    BalasHapus
  7. kak tassa cantik gelangnya. mau dunk :D (*Ayoo buat sendiri muthiaa!*)
    ternyata banyak sekali barang-barang yang sudah tidak dipakai, kemudian kita ciptakan (lagi) manfaat barang tersebut.

    ohhh iyaa kak, ukuran ketiga talinya beda-beda yaa? ungu dan merah mudanya lebih pendek dari yang hijau? terus (tali ungu dan merah muda) dililitkan ke hijau atau dilem kak?

    BalasHapus
  8. wuihhh .... kerennn kak tassa :) kalau gini kita bisa buat banyak gelangnyaa dan dipaduin ke baju yang kitaa pakai deh... keren :D

    BalasHapus
  9. Itu bahan nya tali sepatu??
    WAAAW !!!
    curi Ide untuk buat gelang 1 geng.. :P

    BalasHapus
  10. kak sa bagus ya gelangnya hehe buatnya kayaknya juga gak sulit. bahan-bahannya gampang didapat juga kan? hehe buatin dong kak tasaaaa :D

    BalasHapus
  11. kak, bagus sekali ya.
    bahannya mudah di dapet lagi
    simpel tapi cantik ya kak
    mau donk di ajarin buatnya

    BalasHapus